PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Hal ini
didorong oleh hasil pengamatan awal bahwa hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Ekonomi sangatlah rendah. Yang menjadi populasi pada
penelitian ini adalah mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Ajaran 2019/2020. Dari populasi tersebut, yang terpilih
sebagai sampel adalah 42 orang mahasiswa dari kelas A yang akan menerima pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif.
Seluruh sampel diberikan sepaket tes hasil belajar yang berisi 5 (lima) soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari tes hasil belajar yang
diberikan sebelum pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif dilakukan, diperoleh rata-rata nilai mahasiswa sebesar 25,2. Sedangkan
rata-rata nilai mahasiswa setelah pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif adalah 85,0. Terlihat jelas bahwa terjadi peningkatan
rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah
Matematika Ekonomi melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif.