PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 29 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematika
realistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, dan 2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika
(KAM) siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematik
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan random sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Instrumen yang digunakan yaitu pre test dan posttest kemampuan pemahaman matematika. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial yaitu ANAVA dua jalur.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 artinya kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa. Sedangkan, hasil perhitungan anava dua jalur yaitu 0,857 > 0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan pembelajaran (pendekatan matematika realistik,
pembelajaran biasa) terhadap kemampuan pemahaman matematik.