MENINGKATKAN SELF – REGULATED LEARNING DENGAN COMPUTER AIDED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI SOLUSI FUNGSI LINEAR
Main Article Content
Abstract
Mahasiswa cenderung menyelesaikan permasalahan berdasarkan metode yang sudah mereka kenal, dan mudah untuk diterapkan. Solusi ini hanya efektif pada
permasalahan sederhana, mahasiswa tidak mampu mengerjakan masalah yang lebih kompleks dengan menggunakan metode Numerik. Pembelajaran akan efektif dengan kemandirian dan kemampuan self regulated learning (SRL). Menerapkan pembelajaran dengan komputer melalui model CAI (Computer Aided instruction) untuk meningkatkan self regulation learning siswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa calon pendidik atau guru matematika sehingga diharapkan penelitian ini mampu memberikan peningkatan self regulation pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan memilih dua kelompok kelas yaitu kelompok eksperimen, yang diberi perlakuan yaitu model pembelajaran CAI, dan kelas kontrol, dengan menerapkan pembelajaran konvensional atau direct indtruction. Objek diberikan angket SRL di awal dan akhir pembelajaran untuk melihat kebiasaan belajar mandiri dan prilaku pengaturan pembelajaran sendiri mahasiswa. Dengan uji t, diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CAI terhadap peningkatan SRL mahasiswa. Selain itu, dibandingkan terhadap hasil belajar siswa pada evaluasi ak