PENGARUH MUSIK MOZART SEBAGAI PENGIRING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMAN 11 MEDAN T.P 2018/2019

Main Article Content

Dewi Nur hasanah
Hidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan belajar matematika siswa kelas XI di SMAN 11 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang setiap kelas berjumlah 35 orang siswa. Instrument yang digunakan angket untuk motivasi siswa dan soal tes uraian 5 soal untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t untuk motivasi belajar matematika siswa dimana diperoleh sebesar dan sebesar ini berarti dan untuk hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh sebesar dan sebesar ini juga berarti, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMAN 11 Medan T.P 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles