Pengembangan LKPD IPAS Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan LKPD berbasis saintifik pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Negeri 054914 Kota Lama Secanggang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi ahli media dengan persentase 92,5% dikategorikan valid, hasil validasi ahli materi 94,2% dikategorikan valid dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 96,6% dikategorikan valid. Respon siswa pada uji kolompok kecil yaitu 89,71% dikategorikan sangat valid dan hasil respon siswa pada uji kolompok besar yaitu 87,92% dikategorikan sangat valid. Berdasarkan uji coba skala kecil memperoleh 71,42% siswa yang mencapai KKM dengan hasil perhitungan gain score dari hasil pre-test dan pos-test 0,57 dikategorikan sedang dan hasil uji coba skala besar memperoleh 74,07% siswa yang mencapai KKM dengan hasil perhitungan gain score dari hasil pre-test dan pos-test 0,54 dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis karakter pada mata pelajara IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 054914 Kota Lama Secanggang dikatakan layak dan efektif digunakan.