Model Projek Based Learning Berdasarkan Teori Vygotsky Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan matematis siswa berdasarkan teori vygotsky pada model Project Based Learning pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas IV SD Negeri 064014 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experimental (eksperimen semu). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 37 orang di SD 064014 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dan lembar observasi. Sebelum digunakan tes terlebih dahulu divalidasi oleh ahli. Hasil penelian menunjukkan bahwa bahwa penggunaan model Project Based Learning dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas IV SD Negeri 064014 Medan dengan hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0.00 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.5 dengan thitung > ttabel yaitu 10,977 > 2.028. Hal ini juga terlihat dari hasil posttest, kelas yang menggunakan model Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 70,86 dengan hasil uji N-Gain berada di kategori tinggi 3 orang (8%), kategori sedang 15 orang (41%), dan kategori rendah 19 orang (51%) atau dengan kata lain kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat 100%.