Pengembangan Media Maze Matching Board Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Siswa Kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam

Main Article Content

Tarisah Sandrina
Hidayat

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila proses pembelajaran berhasil dilaksanakan. guru diharapakan mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, inovatif dan kretif agar peserta didik menjadi semangat dalam proses pembelajaran. Namun hasil dari observasi awal yang saya lakukan di SDN 104241 Lubuk Pakam peneliti menemukan permasalahan pada proses pembelajaran di kelas IV SD temuan pada observasi diketahui bahwa penggunaan Media pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas IV SD belum maksimal,  Proses pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa tidak secara akif terlibat dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini berdampak  pada rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam belajar. Dari temuan observasi peneliti berasumsi dibutuhkan adanya inovasi baru yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran, dengan menentukan media pembelajaran Maze Matching Board. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan kelayakan Media Pembelajaran Maze Matching Board pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahan Alam dan Sosial (IPAS) untuk meningkatkan  Kreativitas siswa  Kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam. Metode penelitian ini menggunakan  reasearch and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE Data tingkat kelayakan media Maze Matching Board dapat diukur dari tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan dengan hasil diketahui bahwa presentase hasil tes kreativitas siswa melalui tes formatif dan sumatif  Siswa kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam berjumlah 27 siswa. Dari 5 pertanyaan yang terdapat pada angket telaah tingkat kreativitas siswa diterapkan media maze matching board  memperoleh skor sebesar 78% dengan kategori “kreatif”. Hasil keseluruhan penilaian yang didapatkan dari angket telaah yaitu sebesar 86,85%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media maze matching board untuk meningkatkan kreativitas siswa yang dikembangkan sudah “sangat layak” digunakan  pada proses pembelajaran pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam.


 


Kata Kunci: Pendidikan,  Media Pembelajaran, Maze Matching Board

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hidayat, Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah Medan

Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila proses pembelajaran berhasil dilaksanakan. guru diharapakan mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, inovatif dan kretif agar peserta didik menjadi semangat dalam proses pembelajaran. Namun hasil dari observasi awal yang saya lakukan di SDN 104241 Lubuk Pakam peneliti menemukan permasalahan pada proses pembelajaran di kelas IV SD temuan pada observasi diketahui bahwa penggunaan Media pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas IV SD belum maksimal,  Proses pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa tidak secara akif terlibat dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini berdampak  pada rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam belajar. Dari temuan observasi peneliti berasumsi dibutuhkan adanya inovasi baru yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran, dengan menentukan media pembelajaran Maze Matching Board. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan kelayakan Media Pembelajaran Maze Matching Board pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahan Alam dan Sosial (IPAS) untuk meningkatkan  Kreativitas siswa  Kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam. Metode penelitian ini menggunakan  reasearch and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE Data tingkat kelayakan media Maze Matching Board dapat diukur dari tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan dengan hasil diketahui bahwa presentase hasil tes kreativitas siswa melalui tes formatif dan sumatif  Siswa kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam berjumlah 27 siswa. Dari 5 pertanyaan yang terdapat pada angket telaah tingkat kreativitas siswa diterapkan media maze matching board  memperoleh skor sebesar 78% dengan kategori “kreatif”. Hasil keseluruhan penilaian yang didapatkan dari angket telaah yaitu sebesar 86,85%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media maze matching board untuk meningkatkan kreativitas siswa yang dikembangkan sudah “sangat layak” digunakan  pada proses pembelajaran pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam.

Kata Kunci: Pendidikan,  Media Pembelajaran, Maze Matching Board