Analisis Perilaku Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Soal Cerita Matematika Kelas VI UPT SPF SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis

Main Article Content

Enda Triana br Barus
Sukmawarti Sukmawarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita matematika pada materi pecahan kelas VI UPT SPF SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis perilaku kesalahan, faktor penyebab dan solusi meminimalisir kesalahan perilaku siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca soal 15 kali, kesalahan memahami masalah 35 kali, kesalahan tranformasi 35 kali, kesalahan dalam proses perhitungan 84 kali, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir 84 kali. Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni: 1) kesulitan memahami masalah; 2) kesulitan dalam proses perhitungan operasi hitung pecahan; 3) dan mengakibatkan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir perilaku kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita, membuat soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif, menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan soal cerita, dan memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles