Media Pembelajaran Animasi Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pengukuran Di Kelas V SD

Main Article Content

Muhammad Rifa'i Dalimunthe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon  berbasis problem based learning pada materi pengukuran dikelas V SD. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi powtoon berbasis problem based learning pada materi pengukuran dikelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model ADDIE yang teridiri dari lima tahap pengembangan, yaitu: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif.  3.​Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 94%. Persentase ini termasuk kriteria “sangat layak”.  Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 92% persentase ini termasuk kriteria “sangat layak”. Hasil validasi  respon guru dapat diketahui bahwa penilaian oleh respon guru kelas V SD mendapatkan persentase 96%  media video pembelajaran pada materi pengukuran dikelas V SD yang dikembangkan sudah sangat valid dan dapat diterapkan sebagai media untuk proses belajar mengajar di sekolah.


 


Kata Kunci: Video powtoon, pengukuran, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles