Pengembangan Media Rak Stik Bersusun untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SDN 105390

Main Article Content

Sri Citra Ayu
Sukmawarti

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media rak stik bersusun untuk operasi hitung perkalian pada siswa/siswi kelas II SDN 105390, (2) mendeskripsikan kelayakan media media rak stik bersusun untuk operasi hitung perkalian pada siswa/siswi kelas II SDN 105390. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (guru kelas IV) serta siswa kelas II SDN 105390. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, tes, dan angket atau kuesioner. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 81,17% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 87,6% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Hasil validasi dari tanggapan guru kelas IV yaitu 80% termasuk kategori baik/layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru tersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 83% termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles