Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan T.P. 2009/2010

Main Article Content

Sukmayadi Pasaribu

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share pada pokok bahasan bangun segi empat dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan T.P. 2009/2010.


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan Think Pair Share di SMP Swasta Pembangun Medan Tahun Pembelajaran 2009/2010.


Yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalh kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan. Indikator dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika yang dialami siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan. Kekurangan yang sering terjadi adalah kurangnya siswa berpartisipasi dalam pembelajaran matematika. Misalnya, dalam hal bertanya, menjawab, menjelaskan yang dipahami siswa, berinteraksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.


Dari analisis data yang diperoleh dalam penelitian yang dilakukan peneliti selama tiga siklus, untuk mendapatkan hasil analisis data, peneliti menyebarkan angket partisipasi dan melakukan observasi pada siswa. Pada siklus I partisipasi siswa dapat digolongkan cukup yaitu 66,7% atau 20 orang dan hasil realibilitas angket partisipasi siswa diuji tidak valid. Pada siklus II partisipasi siswa dapat digolongkan baik yaitu 79,8% atau 24 orang. Akan tetapi hasil realibilitas angket partisipasi siswa tidak valid. Dan pada siklus III partisipasi siswa digolongkan baik yaitu 86,2% atau sekitar 26 orang dan hasil reabilitas angket partisipasi siswa valid.


Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Think Pair Share siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dilakukan selama tiga siklus mengalami peningkatan yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles