Analisis Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Kelas IV Di SD Negeri 0909 Huristak

Main Article Content

Yuni Hartaty Harahap
Umar Darwis

Abstract

ABSTRAK


ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA PADA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA KELAS IV


DI SD NEGERI 0909 HURISTAK


 


 


YUNI HARTATY


NPM. 191434201


 


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Untuk mengetahui apa penyebab utama yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Untuk mengetahui kesulitan yang di hadapi oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran-gambaran tentang peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas IV. Penelitian ini dimulai dari masalah (problem) dan landasan teori. Dalam penelitian deskritif kualitatif dikenal dari beberapa teknik atau mode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini     terdisi dari  observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif.


 


Kata kunci: analisis, peran guru, motivasi belajar membaca, siswa


                      yang mengalami kesulitan membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles