Analisis Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Kelas IV Di SD Negeri 0909 Huristak
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA PADA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA KELAS IV
DI SD NEGERI 0909 HURISTAK
YUNI HARTATY
NPM. 191434201
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Untuk mengetahui apa penyebab utama yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Untuk mengetahui kesulitan yang di hadapi oleh guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca kelas IV SD Negeri 0909 Huristak. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran-gambaran tentang peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas IV. Penelitian ini dimulai dari masalah (problem) dan landasan teori. Dalam penelitian deskritif kualitatif dikenal dari beberapa teknik atau mode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini terdisi dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif.
Kata kunci: analisis, peran guru, motivasi belajar membaca, siswa
yang mengalami kesulitan membaca.