Analisis Kemampuan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Model PBL Di SMP Negeri 1 Sei Bamban
Main Article Content
Abstract
Kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa SMP kelas IX pada pembelajaran matematika dengan model Problem Based Leraning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa pada SMP Negeri 1 Sei Bamban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes komunikasi dan kolaborasi dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi yakni: (1) Interview awal kemampuan pemahaman soal, (2) Kemampuan penyelesaian soal. Kategori kemampuan tes komunikasi dibagi menjadi tiga bagian, yakni (1) Rendah, (2) Sedang, (3) Tinggi. Hasil penelitian menunjukan pekerjaan siswa dalam kemampuan komunikasi dan kolaborasi terdiri dari 6 siswa kemampuan tinggi, 23 siswa kemampuan sedang dan 3 siswa kemampuan rendah. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan kemampuan siswa kelas IX-6 secara umum dikatakan baik, dikarenakan sebagian besar siswa telah memenuhi beberapa indikator yang telah ditentukan. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan model PBL sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa.