Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Konkret Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang

Main Article Content

Kiki Amalia
Nurjannah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang di Kelas IV    UPT SPF SD Negeri 107417 Sei Merah.Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan soal tes kemampuan yang diberikan kepada siswa, lembar observasi dan dokumentasi.teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Partisipan dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV dan siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri 107417 Sei Merah. Hasil penemuan yang didapat penulis adalah dengan penggunan media pembelajaran konkret dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang hal ini ditunjukkan dengan adanya keaktifan, ketertarikan, perasaan senang dan semangat, percaya diri serta keberanian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Adanya kendala ketika pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu memerlukan banyak waktu dalam proses pelaksanaannya, terdapat siswa yang kesulitan dalam menentukan dan menggambar sifat-sifat bangun ruang pada kubus dan balok. Namun semua kendala tersebut dapat diatasi dengan cara membuat diskusi kelompok sehingga siswa dapat berkerjasama dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles