Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Pecahan Di Kelas IV SD Negeri 101788 Marindal

Main Article Content

Dea dame yustika Manullang
Safrida Napitupulu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi pecahan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas IV. Ada 30 siswa dalam sampel. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan model Nonequivalent Control Group Design dengan desain Quasi Eksperimen. Penyelesaian penelitian ini akan diuji. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen menurut hasil adalah 43,60, sedangkan kelas kontrol 36,93. Terdapat perbedaan nilai rata-rata antara nilai posttest kelas eksperimen sebesar 69,93 dengan nilai posttest kelas kontrol sebesar 45,13 karena kedua sampel kelas diberikan sistem yang berbeda. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji T. thitung = 6.16 > ttabel = 2.04 dengan dk = 28 dan taraf signifikan = 0,05 merupakan hasil perhitungan. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Oleh karena itu, Pendekatan Matematika Realistik sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101788 Marindal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles