Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV Sd Negeri 105351 Bakaran Batu
Main Article Content
Abstract
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di SD Negeri 105351 Bakaran Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode yang tepat dan melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan metode experimen pada mata pelajaran ipa dengan tema selalu berhemat energi dan manfaat energi di SD Negeri 105351 Bakaran batu tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas IV A , dengan menggunakan metode eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 105351 Bakaran Batu. Alat pengumpulan data adalah berupa tes hasil belajar dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data di peroleh bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPA tema selalu berhemat energi dan manfaat energi, dari hasil belajar pada mata pelajaran IPA tema selalu berhemat energi dan manfaat energi di kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu tahun ajaran 2022/2023 dengan metode pembelajaran ceramah adalah 42,4. Dan hasil belajar pada mata pelajaran ipa materi berhemat energi dan manfaatnya di kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu Tahun ajaran 2022/2023 dengan metode experiment 79,2.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan metode eksperimen dari pada menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD Negeri 105351 Bakaran Batu Tahun ajaran 2022/2023.