Analisis Soal Cerita Materi Pecahan dalam Buku Matematika Kelas V SD Menurut Newman Soal Cerita, Materi Pecahan, Prosedur Newman.
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal cerita pecahan yang terdapat pada buku teks matematika “Senang Belajar Matematika” yang digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas V SD IT Daarul Istiqlal Marindal I. Analisis dilakukan menggunakan prosesdur Newman yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu membaca soal (Reading), memahami masalah (Comprehension), Transformasi (Transformatiom), keterampilan proses (Process Skill) dan penulisan jawaban (Encoding). Namun pada penelitian ini peneliti hanya melakukan prosedur sampai pada tahap ke-4 dikarenakan penelitian ini hanya berfokus pada analisis buku “Senang Belajar Matematika” yang digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas V SD IT Daarul Istiqlal Marindal I. Dari Hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas V SD IT Daarul Marindal I, diketahui bahwa menurut guru tersebut tampilan buku dan isi sudah baik, materi pembelajaran sudah sesuai dengan pembelajaran anak kelas V pada umumnya, serta kesinambungan antara materi pelajaran dan soal juga sudah saling berkaitan. walau masih ada beberapa soal yang kurang jelas untuk dipahami oleh siswa. Menurut siswa berprestasi di V SD IT Daarul Marindal I, diketahui bahwa buku tersebut dianggap bagus dengan menyajikan gambar yang menarik. Untuk tingkat kesulitan materi, siswa dapat memahami materi terlebih setelah mendapatkan penjelasan dari guru kelasnya. Sedangkan menurut siswa kurang berprestasi buku cukup sulit untuk dimengerti. Untuk tingkat kesulitan soal-soal cerita pecahan yang disajikan buku, siswa mengatakan bahwa ada soal yang yang mudah dan ada juga yang sulit.