Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar
Main Article Content
Abstract
Di kelas IV sekolah dasar, proyek ini berupaya menghasilkan LKPD berbasis pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika bangun datar. Kajian yang masuk dalam kategori “Research and Development” ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Anak-anak SD IT Royadhul Habibi kelas IV dijadikan sebagai subjek penelitian. Wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada ahli materi dan ahli desain menjadi alat penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data. Berdasarkan temuan penelitian, validator ahli materi Ibu Ramadhani, S.Pd.I., M.Pd melakukan validasi LKS pembelajaran berbasis masalah dan memperoleh persentase 91% dengan kriteria A dan klasifikasi Sangat Baik, sedangkan validator ahli desain yaitu Ibu T.Henny Febriana Harumy, S.Kom.,M.Kom.,M.Si mendapatkan persentase 92% dengan kriteria A dan LKS layak digunakan di kelas proses pembelajaran berdasarkan temuan validasi oleh ahli materi dan ahli desain. Penalaran di atas mengarah pada kesimpulan bahwa lembar kerja pembelajaran berbasis masalah berbasis matematika pada materi bangun datar layak digunakan untuk pembelajaran siswa kelas IV SD.
LKPD, problem based learning, kelas IV sekolah dasar