Perbandingan Pendekatan Realistic Mathematic Education dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil,.Belajar Matematika,Siswa pada Materi,Bilangan Pecahanlpada Siswa KelaslIV SD Swasta Sekecamatan Percut Sei Tuan

Main Article Content

Sopi Humairoh
Samsul Bahri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Swasta Percut Sei Tuan. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 750 orang. Sampel penelitian terdiri dari lima puluh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan desain perlakuan kedaluwarsa asli. Tes adalah instrumen yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai pretest untuk Sekolah Eksperimen I adalah 50, sedangkan rata-rata nilai pretest untuk Sekolah Eksperimen II adalah 46. Kemudian, kedua sekolah tersebut mendapat perlakuan yang berbeda, sehingga rata-rata posttest sekolah eksperimen I untuk hasil belajar matematika. adalah 84 dan sekolah eksperimen II adalah 76,8. Pengujianllhipotesislldilakukan dengan analisis statistik-t. Dari hasilllperhitungan diperolehllthitung= 2,29 > ttabel= 2,01 dengan dk = 48 dan taraf nyata α= 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil kesimpulan penelitian ini bahwa ada perbandingan hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Pendekatan Saintifik  materi bilangan pecahan siswa kelas IV SD Swasta Sekecamatan Percut Sei Tuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles