Pengembangan Media Interaktif berbantuan Power Point dengan Model PBL Pembelajaran Tematik Kelas III Tema 5 Cuaca
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk: 1) menghasilkan media berbantuan power point menggunakan model PBL pada pembelajaran tematik kelas III tema 5 cuaca subtema keadaan cuaca, 2) memahami kelayakan media berbantuan power point model PBL pada pembelajaran tematik kelas III tema 5 cuaca subtema keadaan cuaca. Peneliti menerapkan jenis penelitian ADDIE yang memuat lima tahapan, diantaranya: analysis, design, development, implementation and evaluate. Pada saat melaksanakan jenis penelitian ini, peneliti memodifikasikannya menjadi analysis, design and developmeny. Adapun istrumen penelitian ini berupa angket. Selanjutnya, peneliti menerapkan teknik analisis deskriptif kualitatif. Media akan divalidadi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Dari penilaian hasil validasi oleh ahli media diketahui bahwa media yang dikembangkan bisa digunakan oleh siswa. Merujuk pada hasil validasi ahli media diketahui bahwa media ini dinyatakan layak digunakan oleh siswa. Selanjutnya, dari hasil ahli pembelajaran diketahui bahwa media interaktif ini dinyatakan menarik dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan dari ketiga ahli bahwa media interaktif berbantuan power point model PBL pada pelajaran tematik tema 5 materi cuaca subtema keadaan cuaca disebut layak atau valid digunakan oleh siswa kelas III SD.