EFEK PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari aktivitas belajar siswa di sekolah. Objek penelitian dari penelitian ini adalah siswa di sekolah penulis sendiri yaitu SMP Amir Hamzah Medan, yang mana disini yang menjadi objek khususnya adalah siswa kelas VII di SMP tersebut. Metode Penelitian ini termasuk metode jenis penelitian quasi eksperiment, yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada “subyek” yaitu siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yang diberi perlakuan yang berbeda. Pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis Alat Peraga sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitiannya berupa Two Group Pretes-Postes Design., diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Oleh karena, nilai Sig. 0,000< 0,05, maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian menolak Ho atau menerima Ha dalam taraf alpha 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat.perbedaan yang signifikan pada aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis alat peraga dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan kata lain, aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis alat peraga lebih baik daripada pembelajaran konvensional.