IMPLEMENTASI AJARAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DASAR UNTUK MEMBANGUN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Main Article Content

Sutri Novika, Rofiqoh Hasan Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan ajaran Ki Hadjar Dewantara yang meliputi  trilogi kepemimpinan ing ngarso sung tuladha,ing madya mangun karsa tut wuri handayani, sistem among, TriN dan Tri Nga dalam pembelajaran fisika dasar untuk membangun sikap ilmiah mahasiswa pendidikan fisika UMN Al Washliyah. Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus dimiliki oleh calon pendidik. Hasil observasi menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Fisika masih kurang memiliki sikap ilmiah. Hal tersebut dibuktikan dengan ketidakjujuran mahasiswa dalam mengerjakan ujian, ketidakdisiplinan dalam pembelajaran fisika dasar, penulisan makalah kurang ilmiah  dan kurangnya rasa ingin tahu mahasiswa dalam mendalami materi yang dipelajari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika semester 1 Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi sikap ilmiah mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa implementasi ajaran Ki Hadjar Dewantara dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika dasar, sehingga dapat membangun sikap ilmiah mahasiswa yaitu jujur, rasa ingin tahu, disiplin, sikap kritis dan terbuka serta bekerja sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles