PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Main Article Content
Abstract
Kemampuan memecahkan masalah penting dimiliki oleh siswa untuk menentukan sikap dan tindakan yang benar pada saat dihadapkan dengan masalah-masalah yang terjadi di sekolah. Dalam batasan pembelajaran fisika, siswa dituntut untuk dapat memecahkan masalah berupa soal-soal tes yang berhubungan dengan konsep fisika menggunakan analisis matematika sebagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran Fisika diharapkan dapat mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang aktif dan berpikir kritis dalam menganalisis serta mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk: “Menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen, dengan rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes posttest control group desaign.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah, teknik pengembalian sampel purvosive sampling. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityan School Medan Sunggal. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning cendrung lebih baik dibandingan dengan pembelajaran konvensional , maka dari itu para guru diharapkan melakukan perubahan dalam proses belajar mengajar untuk kemudian meningkatkan hasil dan mutu belajar di Indonesia semakin baik dimata dunia.