PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA

Main Article Content

Nur Sahara

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
matematika realistik, peningkatan kemampuan representasi matematik dan self efficacy siswa,
dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini pada buku pegangan guru, buku siswa, lembar
kerja siswa , rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket
respon siswa dan guru, pedoman wawancara dan pengamatan sikap siswa. Model
pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan, dan Semmel
meliputi tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Dari hasil uji coba I dan II
diperoleh bahan ajar memenuhi kriteria kevalidan dengan predikat sangat valid, bahan ajar
yang praktis, hasil observasi saat proses pembelajaran dan hasil wawancara, memenuhi
kriteria keefektifan pencapaian persentase waktu ideal, hasil tes kemampuan representasi
matematis memenuhi ketuntasan, dan hasil angket respon guru dan siswa.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles