PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI BENDA REALIA
Main Article Content
Abstract
Kemampuan berhitung sangat penting dimiliki anak. Namun pada kenyataanya kemampuan
berhitung anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk meningkatkan kemampuan
berhitung anak dan 2) untuk mengetahui keefektifan benda realia dalam meningkatkan
kemampuan berhitung anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan
dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal
berjumlah 15 orang anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus I
dan siklus II. Persentase peningkatan hasil pratindakan, siklus I dan siklus II kemampuan anak
yaitu 12,23% untuk indikator berhitung angka 1 sampai 10 dengan benda realia dan 24,45%
untuk indikator menuliskan banyak benda realia. Indikator keberhasilan pada siklus II
mencapai 80%.