Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Panas dan Perpindahannya Di Kelas V UPT SDN 060823 Kec Medan Amplas
Main Article Content
Abstract
Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah sebuah model pembelajaran yang lahir dari adanya perubahan yang sangat mendasar disebabkan pergeseran pandangan dalam memahami bagaimana peserta didik belajar. Belajar tidak lagi dipandang sebagai proses menerima informasi untuk disimpan pada memori peserta didik yang diperoleh melalui pengulangan praktek dan penguatan, namun peserta didik belajar dengan mendekati setiap persoalan baru dengan pengetahuan yang telah ia miliki, mengasimilasi informasi baru dan membangun pengertian sendiri.Penelitian ini berusaha mengungkapkan mengenai analisis model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada tema panas dan perpindahannya. Model penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Alat analisis yang dipakai yaitu observasi, tes , dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah sudah terlaksana di UPT SDN 060823 Kec Medan Amplas, model pembelajaran berbasis masalah juga sudah efektif digunakan dikelas V dan dengan menggunakan model ini hasil pembelajaran siswa mengalami kenaikan .