Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022

Main Article Content

Yurisca Aprilda Siregar
Sujarwo Sujarwo

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut Tahun Ajaran 2021/2022?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses dasar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 101783 Percut Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design. Populasi dalam penelitian adalah siswa SD Negeri 101783 PERCUT Kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu dipilih dua kelas dengan karakteristik yang sama berdasarkan informasi dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Keterampilan Dasar IPA yang berupa soal essay. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Dasar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Percut. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai yang diperoleh siswa secara pendekatan konvensional (kelompok kontrol). Nilai yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada nilai yang diajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik. Ini bisa dilihat dari hasil yang diperoleh siswa pada bab sebelumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles