Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentangĀ kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 102004 Tiga Juhar siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam menginpretasi data dalam penelitian diperoleh dariangket dan wawancara. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemandirian belajar siswa berdasarkan semua indikator, terlihat bahwa pada kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar yang termasuk dalam kategori kemandirian belajar rendah sebesar 64%.Dan kemandirian belajar sedang sebesar 36%. Kemandirian belajar tinggi yaitu sebesar 24 %.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi setiap indikator kemandirian belajar, diantaranyakurangnya memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan dan kurangnya inisiatif diri.