Pengaruh Pengunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Materi Volume Bangun Ruang Di SDN 060925 Medan
Main Article Content
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 060925 Medan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun instrumen yang digunakan peneliti yang bertujuan mengukur hasil belajar siswa berupa tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilaksanakan setelah selesai proses prembelajaran yang menggunakan aplikasi kahoot dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa: (1) hasil belajar yang diperoleh siswa kelas ekxperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dapat dilihat dari hasil rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen= 88,44 dan sedangkan rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol=76,22. (2) Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 060925 Medan. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat simpulkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi volume bangun ruang di SDN 060925 Medan.