Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 (Praja Muda Karana) Kelas III SD Nurhasanah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber belajar terhadap pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran tematik tema 8 (Praja Muda Kara) kelas III SD Nurhasanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Subjek dalam penelitian ini merupakan guru dan siswa kelas III SD Nurhasanah Kec. Medan Amplas. Hasil penemuan penulis menemukan bahwa pemanfaatan sumber belajar terhadap pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran tematik tema 8 (Praja Muda Karana) kelas III SD Nurhasanah Kec. Medan Amplas yaitu sudah terlaksana dengan baik. Guru memanfaatkan sumber belajar yang mampu membentuk karakter disiplin siswa dalam pembelajaran. Seperti pemanfaatan pesan formal yang diberikan oleh kepala sekolah, sikap guru yang sebagai contoh pembiasaan yang menjadi tauladan,buku yang berisi materi merujuk pada karakter disiplin dan pengerjaan LKS dengan tepat waktu, alat peraga, dan juga lingkungan sekolah. Dalam pemanfaatan sumber belajar terdapat beberapa faktor penghambat yaitu faktor internal yang meliputikesadaran diri siswa dan kemampuan siswa. Begitupun dengan faktor eksternal yang meliputi dukungan dari orang tua.