Analisis Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Energi dan Perubahannya Di Kelas III UPT SDN 060823 Medan Amplas
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan model Inquiry pada tema 6 energi dan perubahannya di kelas III UPT SDN 060823 Medan Amplas. (2) mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik pada tema 6 energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry. (3) mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan model Inquiry di kelas III pada tema 6 energi dan perubahannya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan menggunakan instrumen observasi,wawancara dan dokumentadi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa yang ada dikelas III UPT SDN 060823. Hasil penemuan yang ditemukan oleh peneliti pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquirysudah cukup baik, terlihat dari kesesuaian guru dalam menerapkan model pembelajaran Inquiry berdasarkan respon dan aktivitas belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Inquiry juga sudah cukup baik dengan nilai persentase 69% dari skala 100%. Namun terdapat beberapa hambatan pada pelaksanaan pembelajaran Inquiry masih ada beberapa siswa yang kesulitan memahami materi dan penugasan serta kurang konsentrasi pada proses pembelajaran berlangsung.