MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JYGSAW KELAS XI SMA SWASTA GEMA BUWANA PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Matematika Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar
matematika para siswa, diantaranya citra matematika yang kurang enak di mata para siswa,
seperti apa yang telah dikemukakan oleh Deking (http://Deking.Wordpress.com) bahwa: Ada
tiga faktor yang menyebabkan citra matematika yang begitu buruk di mata siswa, yaitu (1)
Faktor Matematika itu sendir, (2) Faktor guru, (3) Faktor siswa itu sendiri. Penelitian ini
bertujuan Ingin mengetahui (1) kelancaran proses pembelajaran matematika yang dilakukan
dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif type JigSaw, (2) Mengetahui sejauh
mana minat dan kemauan siswa dalam belajar matematika dengan dilakukannya model
Cooperative Learning type JigSaw, (3) Mengetahui seberapa besar tingkat prestasi hasil
belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran model Cooperative Learning type
JygSaw. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember-Desember 2016, bertempat di kelas
XI SMA Swasta Gema Buwana Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas dengan Tiga Siklus yang terdiri empat kali pertemuan pada siklus pertama, tiga kali
pertemuan pada siklus kedua, dan tiga kali pertemuan pada siklus ke tiga. Teknik dan alat
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data
berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terjadi suasana
pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari siklus I:
67,39%, siklus II: 89,13, dan siklus III: 100%. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative
Learning type Jygsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.