Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Di SMAN 1 Badar T.P 2021/2022

Main Article Content

Ratniati Ratniati
Rofiqoh Hasan Harahap

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi jarangnya penggunaan media dan guru masih menggunakan metode ceramah dan papan tulis membuat siswa mudah merasakan jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran fisika di SMAN 1 Badar. Tujuan yang ingin dicapai mengembangkan media pembelajaran fisika dengan permainan ular tangga menggunakan platform genially pada pokok bahasan momentum impuls, mengetahui kelayakan validitas berdasarkan penilaian para ahli, dan mengetahui kepraktisan media berdasarkan penilaian peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono dengan 10 tahapan namun peneliti menggunakan 5 tahapan. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, dan Revisi Desain. Tahap validasi produk divalidasi oleh 3 validator dan peserta didik yaitu validasi oleh dua ahli media, satu ahli materi (guru), dan peserta didik kelas X mia 3 di SMAN 1 Badar. Hasil validasi permainan ular tangga menggunakan platform genially oleh dua validator memperoleh skor 4,11 dengan kategori layak, dan hasil validasi ahli media guru fisika kelas x SMAN 1 Badar memproleh skor 4,23 dengan kategori sangat layak, dan diproleh skor rata-rata ketiga ahli 4,15 dengan kategori layak. Berdasarkan respon peserta didik memproleh nilai persentase sebesar 88,30 % dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles