Efek Model Pembelajaran PjBL Dengan Media Eskavator Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin T.P 2021/2022.

Main Article Content

Dina Afdhilah
Lia Afriyanti Nasution

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efek Model Pembelajaran PJBL dengan media eskavator sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin T.P2021/2222. Jenis penelitian ini adalah rancangan eksperimen dua kelompok yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di dua kelas Pondok Pesantren Darul Mukhlisin. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan metode cluster random sampling yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PJBL dan kelas X-D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional Dalam penelitian ini digunakan dua metode, dan yang pertama hasil belajar diujikan dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Metode kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan sintaks model pembelajaran PJBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 15,67 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai pretest 11,62. Demikian pula observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran PJBL rata-rata 15,67 dalam kategori skor aktivitas sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig t < α, yaitu 0,000 < 0,05 taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 70. Ini berarti menerima Ha. Artinya model pembelajaran PJBL dengan menggunakan media Eskavator sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin tahun 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles