Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD

Main Article Content

Luvita Fariska Deriyan
Nurmairina

Abstract

Peneliti yang digunakan menggunakan pengembangan (Research and Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Wawancara, Data Dokumentasi, Angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pengembangan media Pembelajaran Sistem pencernaan tubuh dengan menggunakan Media Capcut Pada Pembelajaran IPA Di KelasĀ  V SD Penulis menggunakan Model Pengembangan 4D (Define,Design, Develov, dan Disseminate.) yang dimana hasil dalam penelitian tersebut adalah Media pembelajaran interaktif ini sebelumnya telahdiverifikasi oleh Validator media, Validator materi, dan Validtor pembelajaran, yang telah memenuhi tahapan pengembangan. Hasil yang diperoleh dari tes siswa memenuhi standar sangat baik sebesar 97%. Dari Akhir produk pengembangan ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan menggunakan Capcut ini antara lain: 1) Menyediakan berbagai menu praktis yang dapat membuat kuis lebih menarik dan memudahkanmahasiswa untuk berinteraksi langsung dan mendemonstrasikan materi penelitian, 2)isi yang dikembangkan oleh Lectora Inspire dapat diunggah dimana saja, 3) Perangkatlunak otak cerdas sederhana yang memiliki program tutorial interaktif yang dapatdipublikasikan secara offline atau online melalui templat, sehingga pengguna dapat lebih mudah menggunakan Web pribadi, CD, pengolah kata.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles