UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENDESKRIPSIKAN KARATERISTIK TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IX-A SMP NEGERI 39 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 39 Medan pada kelas IX-A. Latar
belakang masalah adalah sangat sulit dipahaminya pelajaran IPA bagi Sekolah Menengah Pertama
(SMP) yang pada umumnya dianggap sebagai pelajaran yang memerlukan penalaran yang sangat
baik serta ketekunan dan konsentrasi yang penuh dari siswa. Metode yang digunakan model
pembelajaran Quantum Teaching. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah: Dengan
menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di
kelas IX-A SMP Negeri 39 Medan. Berdasarkan test awal (pre test) pada 40 siswa terdapat 4 orang
siswa yang tuntas dengan batas KKM 75. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan
siklus 2 yang terdiri dari permasalahan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi,
analisa data, dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas
IX-A SMP Negeri 39 Medan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes awal yaitu sebesar 67,00
dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 10%. Namun setelah dilakukan tindakan pada siklus 1
didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,25 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 35% Dan pada siklus 2 menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat nilai rata-rata siswa naik menjadi 88,00 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX-A SMP Negeri 39 Medan.