UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS VII – J SMP NEGERI 3 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Negeri 3 Medan, yaitu setelah
guru melaksanakan pembelajaran IPA pada materi ciri-ciri makhluk hidup, guru mengetahui bahwa
hasil belajar masih rendah. Hal ini tercermin dari perolehan tes hasil belajar, yaitu bahwa tidak ada
siswa yang mencapai ketuntasan individual. Ini juga menunjukkan bahwa belum tercapai standar
ketuntasan klasikal karena prosentase ketuntasan adalah sebesar 0%. Dalam proses pembelajaran
keaktifan siswalah yang seharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikan
materi tapi bagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupun
bimbingan guru. Selain itu dalam pembelajaran, ketertarikan siswa atau respon siswa juga sangat
mempengaruhi perolehan hasil belajar. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai
seorang guru professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran, yaitu dengan mengadakan
penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkan pembelajaran
IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-J SMP Negeri 3 Medan. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data
dalam penelitian ini bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan individual
siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instructions
juga dapat membuat siswa lebih aktif. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang
menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Instructions. Model Pembelajaran Problem Based
Instructions dapat meningkatkan Hasil Belajar pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup siswa Kelas
VII-J SMP Negeri 3 Medan, yaitu nilai rata-rata kelas pada saat pre test 42,29; siklus 1: 64,17; siklus
2: 83,61. Strategi Belajar Aktif Tipe Problem Based Instructions dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang efektif, dan siswa aktif bekerja sama, hal ini ditunjukkan pada siklus 1: 47,22;
siklus 2: 87,14.