UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DI KELAS VII-4 SMP NEGERI 37 MEDAN

Main Article Content

Jojor Marina

Abstract

Metode yang digunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction. Hipotesis yang diajukan
pada penelitian ini adalah: Dengan menggunakan metode Team Accelerated Instruction dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VII-4 SMP Negeri 37 Medan. Berdasarkan test awal (pre
test) pada 39 siswa terdapat 0 orang siswa yang tuntas dengan batas KKM 75. Penelitian ini terdiri
dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari permasalahan, tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, tahap observasi, analisa data, dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Team Accelerated Instruction, pada pelajaran IPA dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VII-4 SMP Negeri 37 Medan. Hal ini dapat dilihat dari
rata-rata nilai tes awal yaitu sebesar 47,17 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 0,0%. Namun
setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 di dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,92 dengan
tingkat ketuntasan belajar sebesar 46,15% . Dan pada siklus 2 di dapat nilai rata-rata siswa naik
menjadi 83,33 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction pada pelajaran IPA dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VII-4 SMP Negeri 37 Medan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles