UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS VII-7 SMP NEGERI 30 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Medan pada Kelas VII-7
Tahun Ajaran 2015 / 2016. Latar belakang masalah adalah kurangnya motivasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran IPA dilihat dan rendahnya nilai dan persentase ketuntasan belajar.
Metode yang digunakan ialah Contextual Teaching Learning. Hipotesis yang diajukan pada
penelitian ini adalah: Dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada KD Klasifikasi Makhluk Hidup. Berdasarkan test
awal (pre test ) pada 38 siswa terdapat 38 orang siswa yang tidak tuntas dengan batas KKM
75. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dan
permasalahan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, analisa data, dan
tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode cari, pada pelajaran
Biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-7 SMP Negeri 30 Medan T.A.
2015 / 2016. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes awal yaitu sebesar 38,68 dengan
tingkat ketuntasan belajar seebsar 0 % namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di
dapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60,26 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar
13,16 % Dan pada siklus II di dapat nilai rata-rata siswa naik menjadi 81,31 dengan tingkat
ketuntasan belajar sebesar 92,10 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
Contextual Teaching Learning pada pelajaran IPA KD Klasifikasi Makhluk Hidup dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-7 SMP Negeri 30 Medan.