UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENENTUKAN BARISAN DAN DERET MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED INSTRUCTIONSDI KELAS VIII-A SMP NEGERI 39 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa dan minat siswa saat bekerja di
kelas VIII-A SMP NEGERI 39 Medan pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan
model pembelajaran Problem Based Instructions. Model pembelajaran ini sangat tepat dalam
mengatasi permasalahan-permasalahan di atas dan dipertegas dengan argumen bahwa
model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya sendiri
sehingga pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengkomunikasikan dan
mendiskusikan pengetahuannya dengan temannya sehingga siswa saling membantu dan
saling bertukar pikiran. Data hasil belajar belajar siswa menurut pengamatan pada Siklus 1
antara lain 74,4. Data hasil belajar siswa menurut pengamatan pada Sikius 2 antara lain
86,6. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructions diperoleh hasil
belajar siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2 berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus 1
menunjukkan tuntas individunya sebanyak 16 orang dengan tuntas kelas sebesar 40 %. Pada
siklus 2 menunjukkan tuntas individu 38 orang dengan tuntas kelas sebesar 95%. Hasil
belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Formatif 1 dan Formatif 2
menunjukkan 74,4 dan 86,6 dari data tersebut menunjukkan tuntas sesuai dengan KKM
Matematika. Sikap konstruktif siswa terhadap pembelajaran Matematika melalui model
pembelajaraan Problem Based Instructions di kelas VIII-A SMP NEGERI 39 Medan masuk
kedalam kategori tinggi.