MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL DI KELAS VII MTS NURHASANAH MEDAN T. A 2014/2015
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Nur Hasanah dengan
menggunakan model Pembelajaran CTL T. A 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II, dan III. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas
VII MTs Nur Hasanah sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan
adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian tes siswa pada materi himpunan siklus
I sebesar 93,33% dan secara klasikal sebanyak 28 orang siswa yang dinyatakan baik. Setelah
dilakukan pada siklus II, hasil tes matematika siswa pada materi himpunan belum meningkat
menjadi sebesar 86,67% dan secara klasikal sebanyak 26 orang siswa yang dinyatakan kemampuan
matematikanya baik, dikatakan belum meningkat maka dilanjutkan ke siklus ke III. Pada tes hasil
belajar siklus III, jumlah ketuntasan belajar siswa mencapai 29 orang siswa (96,67%). Berdasarkan
hasil temuan, penelitian selama 3 siklus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Nur Hasanah Medan.