UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENENTUKAN SUDUT DAN GARIS PERPOTONGAN MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 39 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Negeri 39 Medan, yaitu
setelah guru melaksanakan pembelajaran Matematika pada materi Menentukan Sudut dan
Garis Perpotongan. Guru mengetahui bahwa hasil belajar masih rendah. Hal ini
menunjukkan bahwa belum tercapai standar ketuntasan klasikal karena prosentase
ketuntasan adalah sebesar 55%. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswalah yang
seharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikan materi tapi
bagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupun
bimbingan guru. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai seorang guru
professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran, yaitu dengan mengadakan
penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkan
pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII-F SMP Negeri
39 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua
siklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan metode demonstrasi
dapat meningkatkan ketuntasan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan
Metode Diskusi Kelompok juga dapat membuat siswa lebih aktif. Siswa merespon positif
terhadap pembelajaran yang menerapkan Metode Diskusi Kelompok. Metode Diskusi
Kelompok dapat meningkatkan Hasil Belajar Menentukan Sudut dan Garis Perpotongan
siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 39 Medan, yaitu nilai rata-rata kelas pada saat pre test 55;
siklus 1: 70,63; siklus 2: 88. Strategi Belajar Aktif Metode Diskusi Kelompok dapat
menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, dan siswa aktif bekerja sama, hal ini
ditunjukkan pada siklus 1: 70,63; siklus 2: 88.