PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN MOTIVASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, interaksi antara model pembelajaran inquiry training
menggunakan mind mapping dan motivasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
IT Al-Fityan School Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas
X 2 dan X . Instrumen penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian
dan tes motivasi dalam bentuk angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan keterampilan proses sains fisika siswa pada
kelompok motivasi diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kemampuan keterampilan proses sains
fisika siswa pada kelompok motivasi di bawah rata-rata, dan Pada penelitian ini motivasi diatas ratarata
dominan meningkatkan keterampilan proses sains pada model Inquiry Training menggunakan mind mapping dari pada di pembelajaran konvensional.