PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SD KECAMATAN MEDAN AMPLAS
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru bidang Studi Matematika sekolah dasar Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex post facto dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru bidang Studi Matematika kelas SD Kecamatan Medan Amplas sebanyak 110 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 35 orang, peneliti menetapkan 32% dari jumlah populasi yang dapat mewakili populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Analisis data menggunakan teknik deskriptif korelasional dan persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas . Sedangkan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas termasuk dalam kategori sangat baik dan Kompetensi Profesional Guru bidang Studi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru bidang Studi Matematika sekolah dasar Kecamatan Medan Amplas. Kepemimpinan kepala sekolah akan memberikan pengaruh sebesar 53,6% terhadap kompetensi profesional guru bidang Studi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru bidang Studi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas.