Desain Pembelajaran Bangun Datar Segiempat melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Novi Ersa Monika
Ahmad Sukri Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran bangun datar segiempat melalui pembelajaran kontekstual berupa RPP dan LKPD Kelas III SD yang layak digunakan dan sesuai dengan kurikulum 2013 Materi Bangun datar Segiempat. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di MIS/MDTA Al-Hidayah CK. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 validator diantaranya yaitu 2 dosen ahli dan 2 guru SD. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi angket desain pembelajaran yaitu berupa RPP dan LKPD. Berdasarkan hasil validasi angket desain pembelajaran berupa RPP oleh ke empat validator menunjukkan rata-rata total 89,5% dengan demikian desain pembelajaran menunjukkan kriteria “Sangat Layak”. Pada hasil validasi angket LKPD oleh ke empat validator menunjukkan rata-rata total yaitu 90,25% dengan demikian LKPD menunjukkan kriteria “Sangat Layak”. Kesimpulan penelitian ini adalah desain pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang dikembangkan berkualitas baik dan layak digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles