Pengembangan Modul IPA Berbasis CTL pada Materi Kalor dan Perpindahannya Kelas V SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan bahan ajar berupa modul IPA menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning materi kalor dan perpindahannya kelas V SD. (2) Mengetahui kelayakan terhadap modul IPA menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning materi kalor dan perpindahannya kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluation), namun penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064991 Medan Amplas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator (2 dosen ahli dan 1 guru). Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi angket berupa modul IPA berbasis CTL materi kalor dan perpindahannya kelas V. Berdasarkan hasil validasi ahli materi oleh dosen ahli dan guru kelas V menunjukkan rata-rata total skor 82,1% dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada hasil validasi ahli media oleh dosen ahli menunjukkan rata-rata total skor 82,2% dengan kriteria “Sangat Baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah modul yang dikembangkan sudah sangat layak digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran.