Pembelajaran Group Investigation dengan Media Berbasis Lingkungan pada Materi Pertumbuhan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SDN 12 Tanah Tinggi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana guru memanfaatkan media pada pembelajaran berbasis lingkungan pada materi pertumbuhan perkembangan melalui model pembelajran group investigation (GI) kelas III di SDN 12 Tanah Tinggi (2) Faktor apa yang menjadi hambatan dalam pemanfaatan media pada pembelajaran berbasis lingkungan pada materi pertumbuhan perkembangan melalui model pembelajaran GI kelas III di SDN 12 Tanah Tinggi (3) Bagaimana penerapan penggunaan media pada pembelajaran berbasis lingkungan pada materi pertumbuhan perkembangan melalui model pembelajran GI kelas III di SDN 12 Tanah Tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pemanfaatan media pada pembelajaran berbasis lingkungan pada materi pertumbuhan perkembangan melalui model pembelajran GI kelas III di SDN 12 Tanah Tinggi banyak keuntungan yang diperoleh yaitu a. peserta didik tidak cepat merasa jenuh dan cepat lupa terhadap materi pelajaran, b. Meningkatkan pemahaman peserta didik, c. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik, d. Pencapaian kompetensi peserta didik baik. (2) Hambatan dalam pemanfaatan media pada pembelajaran berbasis lingkungan pada materi pertumbuhan perkembangan melalui model pembelajaran GI kelas III di SDN 12 Tanah Tinggi ada dua yaitu hambatan dari peserta didik dan guru.