Pengembangan Instrumen Portofolio Asesmen pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dalam Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD

Main Article Content

Dewi Lestari
Ahmad Sukri Nasution

Abstract

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: bagaimana Pengembangan Portofolio Asesmen Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dalam Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa yang diberikan guru dalam mata pelajaran IPA belum menunjukkan kemampuan siswa yang sebenarnya.Penilaian yang dilakukan masih bersifat tradisional, dan hanya melihat hasil akhir saja serta kurang menggambarkan kemampuan peserta didik secara holistik. Penilaian belum memberikan kesempatan luas kepada peserta didik untuk menunjukkan apa yang telah dipelajari selama proses pembelajaran. Guru SD menghadapi kendala dalam membuat dan menentukan instrumen penilaian yang sesuai pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research), karena peneliti ingin mengembangkan instrumen portofolio asesmen pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Pengembangan instrumen portofolio materi bagian-bagian pada tumbuhan untuk siswa kelas IV SD dilakukan dengan mengadopsi prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Prosedur pengembangan ini disesuaikan dengan pedoman kompetensi dasar dan indikator pembelajaran sehingga pada setiap tahapan terdiri atas beberapa proses. Proses pada tahap analisis meliputi: a) analisis kebutuhan siswa dan b) analisis kurikulum. Proses pada tahap desain meliputi: a) penyusunan peta kebutuhan; b) penetapan struktur; c) pembuatan instrumen penelitian; dan d) validasi instrumen penelitian. Kualitas Instrumen Portofolio yang dikembangkan berdasarkan indikator, standar kompetensi dan kesesuaian dengan materi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles