Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas IV SD
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran adalah salah satu sarana yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran. Namun, sekarang ini dalam proses pembelajaran di sekolah masih menggunakan media buku panduan sebagai media pembelajaran. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) media pembelajaran animasi berbasis Animaker dikembangkan menggunakan aplikasi pembuat animasi yaitu Animaker; (2) ada beberapa kendala yang terdapat dalam pengembangan media pembelajaran animasi berbasis Animaker, salah satunya adalah proses pembuatannya yang banyak; (3) dalam mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis Animaker peneliti menggunakan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran animasi pada mata pelajaran IPA menggunakan aplikasi pembuat animasi yaitu Animaker. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi. Hasil validasi media oleh dosen sebagai ahli materi memperoleh presentase 84% dengan kategori “Sangat Layak” , hasil validasi media oleh dosen sebagai ahli media memperoleh presentase 81,3% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh guru kelas memperoleh presentase 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Media pembelajaran animasi berbasis Animaker dapat digunakan dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran animasi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA.