Problematika Pembelajaran Matematika melalui Daring
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran matematika pada materi pecahan selama daring di SD negeri 101899 Lubuk Pakam. Pelaksanaan proses pembelajaran secara online maupun daring memiliki beberapa problematika atau kendala-kendala yang sangat serius untuk diantisipasi, Adapun kendala terberat dalam pembelajaran daring adalah peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data yang diguanakan sumber data primer, data yang diperoleh secara langsung dari obyek yang akan diteliti dengan mengambil, meneliti dan diolah sendiri oleh peneliti. Instrumen pengumpulan datanya observasi dan wawancara, penelti menggunakan wawancara terstruktur yang dilakukan kepada narasumber diantaranya guru mata pelajaran matemaika (wali kelas) dan siswa. Penelitan ini mengambil 6 responden dimana 3 siswa/ siswi SD negeri 101899 Lubuk Pakam dan 3 guru mata pelajaran matematika (wali kelas) SD negeri 101899. Dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa solusi pemecahan problematika pembelajaran Daring diantaranya adalah guru hendaknya menyiapkan materi materi pembelajaran semenarik mungkin, seperti penyajian materi dalam slide powerpoint disertai video pembelajaran.